Kumpulan Trick Blog TErbaru

About

New Trick hayalah blog kecil yang mencoba untuk memberikan dan menyajikan trick dan tips tentang blog
Minggu, 06 September 2015

Langkah-Langkah Membuat Desain Web

Langkah-Langkah Membuat Desain Web


Pembuatan desain untuk sebuah website dapat segera dilakukan setelah seluruh persiapan yang dimulai dari penentuan tujuan atau tema, jenis konten, jenis database server, pengumpulan isi website dan tool-tool serta fungsi-fungsi yang dibutuhkan  telah siap.

Penentuan desain untuk situs web dapat dimulai dari rancangan yang terdiri dari tiga bagian diantaranya; Desain visual, Desain teknologi dan Desain struktur informasi. Dengan desain visual sobat dapat metentukan tampilan halaman website seperti tata letak logo situs web, banner dan navigasi. Dengan desain struktur informasi sobat dapat membagi atau memecah sumber informasi yang akan menjadi konten web sesuai dengan struktur dari situs web dan sobat dapat menghubungkannya dengan link-link yang di sobat butuhkan.

Tampilan visual website dapat dirancang pertama kali dengan mempertimbangkan beberapa segi diantaranya:
1. Desain situs yang diminati. sobat dapat melihat beberapa situs yang sudah ada sesuai jenis atau kategorinya, baik situs bisnis, sosial dan lainnya, sehingga sobat mempunyai bayangan desain seperti apa yang akan sobat buat.
2. Kecepatan loading website. sobat dapat mempertimbangkan besarnya image atau gambar pada tampilan website, karena image yang kecil akan membuat loading lebih cepat daripada image tampilan yang besar. Kalau kecepatan loading sangat penting bagi sobat, maka image yang ditampilkan bisa disesuaikan ukurannya dengan tidak terlalu besar, kecuali kalau sobat memperhitungkan kualitas image dan tidak terlalu membutuhkan loading yang cepat sobat bisa menampilkan image yang bagus dengan ukuran yang cukup besar.
3. Warna tampilan website dapat sobat pilih dan sobat gunakan sesuai selera sobat dengan mempertimbangkan keserasian dan lainnya agar menarik dan pengunjung senang membuka web sobat.
4. Jenis huruf dan logo pada tampilan web bisa sobat tentukan sesuai kebutuhan. Misalnya logo perusahaan, institusi pendidikan, kantor dinas atau apa pun yang mendefinisikan pemilik website tersebut.

Selanjutnya sobat dapat membuat storyboarding untuk menentukan layout website dengan menggambar sketsanya pada kertas atau bisa juga sobat buat dengan aplikasi grafis seperti Corel draw dan Adobe Photoshop.

Stelah Sketsa tampilan web selesai sobat buat, sobat dapat membuat prototype dengan cara membuat tampilan halaman pertama atau halaman depan website. Halaman depan website sangat penting selain sebagai daya tarik pengunjung yang menggambarkan situs sobat secara keseluruhan juga sebagai pokok utama dimana halaman-halaman situs selanjutnya dari halaman dua sampai halaman akhir akan mengacu kepada halaman depan ini.

Prototype yang lengkap dapat sobat selesaikan setelah membuat tampilan halaman depan website. Prototipe ini menggambarkan keseluruhan web yang sudah beroperasi atau sudah online, hal ini penting karena website kalau sudah ditempatkan pada server (hosting) harus sudah jadi 100% jangan ada sedikitpun kesalahan. Jadi prototipe ini untuk uji coba atau gambaran bagaimana website akan terlihat jika sudah online, terutama dari segi tampilan layout dan bagaimana menampilkan informasi yang terkandung di dalam situs web, hal ini berhubungan dengan kinerja sebuah website secara keseluruhan.

Setelah proyotipe website selesai barulah sobat memasuki tahap implementasi dimana sobat membuat web dari mulai halaman pertama atau halaman depan sampai halaman akhir, dari segi tata letak image, banner, link dan animasi, mengatur setiap halaman berdasarkan kategorinya untuk mengatur isi web, dan terakhir melakukan uji coba setiap halaman web agar kesalahan dapat dihindari. Pembuatan tahapan implementasi ini dapat dibuat dengan aplikasi Web editor. Pembuatan atau implementasi ini mengacu kepada prototipe yang telah sobat buat sebelumnya. Tahap implementasi pada dasarnya membuat web per halaman atau per bagian yang nantinya akan disatukan secara keseluruhan dalam tahapan integrasi, sobat tinggal mengintegrasikan seluruh halaman dalam satu kesatuan website, barulah sobat tempatkan situs  web pada server (hosting) setelah itu situ web siap sobat luncurkan alias online.




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

TOP