Kumpulan Trick Blog TErbaru

About

New Trick hayalah blog kecil yang mencoba untuk memberikan dan menyajikan trick dan tips tentang blog
Senin, 05 Desember 2016

2015 Facebook Membatasi Posting Status Promosi

Facebook Membatasi Posting Status Promosi? Sosial media seperti facebook merupakan sarana yang tepat untuk melakukan promosi karena facebook memiliki pengguna yang banyak bahkan Indonesia sendiri merupakan urutan ke 3 terbesar yang menggunakan facebook. Jika kita memiliki akun di facebook dan mempunyai banyak teman, misalkan 5000 teman, bayangkan jika kita membuat status promosi di facebook untuk situs bisnis yang kita miliki, bukan tidak mungkin trafik melimpah akan datang sebanding dengan teman yang ada di facebook bahkan mungkin bisa lebih

Baca juga Cara mendatangkan traffik dari facebook

2015 Facebook Membatasi Posting Promosi

Dan bagaimana caranya membuat status posting promosi di facebook untuk bisnis online kita atau untuk status-status yang lainnya? Ada banyak cara dan salah satunya adalah membuat status promosi sebanyak mungkin di wall-facebook sobat dengan harapan agar banyak yang membaca status tersebut atau melakukan klik terhadap status tersebut jika terdapat link promosinya dan harapan terakhir banyak yang order dengan promo yang sobat lakukan tersebut. Betulkah begitu caranya? Salah! Salah besar jika sobat melakukan promosi seperti itu, saya yakin status seperti akan dianggap sebagai status yang mengganggu pengguna lainnya atau mengganggu teman sobat dan bisa-bisa akun sobat akan di blokir oleh teman sobat sendiri! :)

Pengalaman saya, seluruh artikel blog ini saya update secara otomatis ke facebook dan hasilnya 2.3% trafik berasal dari facebook setelah saya melakukan perubahan dan selebihnya berasal dari search engine google.co.id sebanyak 7.0%, google.com 35.4% dan sisa dari media lainnya. Kenapa trafik ini 2.3% dari facebook?

Baca juga Otomatis menampilkan artikel blog ke facebook

Bukan hanya teman yang akan memblokir status promosi sobat, facebook sendiri akan melakukan pemblokiran terhadap status sobat yang mengandung kalimat promosi. Status promosi yang sobat pasang di facebook secara membabi buta atau pun menggunakan auto-posting ke facebook atau selalu melakukan regenerate posting di facebook tidak menjamin trafik melimpahkan akan datang ke situs bisnis sobat atau pun kedalam blog sobat. Apalagi apa yang kita bagikan di facebook hanya menjangkau 3% - 6% dari jumlah teman atau fans page yang kita miliki, jadi tidak perlu melakukan promo secara berlebihan di facebook jika promo yang sobat lakukan hanya mengganggu pengguna facebook yang lainnya apalagi tahun depan, thaun 2015 facebook akan membatasi posting status promosi karena banyaknya pengguna yang telah melakukan komplain terhadap status yang ada di news feed mereka, meskipun awalnya news feed yang mereka dapatkan sebagai dari pengguan fitur follow yang ada di facebook yaitu mengikuti suatu profil dari orang perorangan atau pun kelompok, baik di status atau pun fans page. Padahal mereka mengikuti sebuah status dari suatu profil di facebook hanya ingin melihat sharing dan cerita, bukan berganti status promosi, apalagi berlebihan

Dengan adanya pembatasan pada news feed yang dibagikan baik secara otomatis atau pun manual yang ada di fans page atau status, lebih baik mulai sekarang ganti atau rubahlah cara penggunaan news feed tersebut, jangan dalam bentuk kalimat promosi tapi gunakan kalimat dalam bentu narasi yang setidaknya bisa membuat pengguna facebook menjadi penasaran untuk mengetahui lebih lanjut dari status tersebut

Lalu apakah facebook akan membatasi semua status dalam bentuk promosi tersebut?
Menurut Kim Garst di blognya, ada beberapa status yang dianggap sebagai status promosi yaitu:
  1. Status yang sifatnya mengajak orang untuk beli produk atau install aplikasi. Ini adalah jenis posting yang langsung mengajak orang untuk beli sesuatu misalnya ajakan Klik Disini untuk Beli Sekarang !
  2. Status yang sifatnya memaksa orang untuk ikut promosi atau kontes yang tidak jelas aturannya
  3. Status yang dibuat sama persis dengan status hasil iklan di Facebook Ads. Kalau misalnya sobat sudah membuat iklan dengan Facebook ads, jangan lakukan copy paste konten yang sobat iklankan ke dalam status sobat

Dan bagaimana agar facebook tidak membatasi status promosi yang ikta bagikan?
Agar status promosi yang kita bagikan di facebook tetap mendapatkan respon yang baik dari pengguna lainnya dan tidak di blokir oleh facebook maka gunakan cara yang lebih baik yang lebih Human-friendly jangan menggunakan status yang bersifat Spammer-friendly. Berikut beberapa cara yang bisa sobat gunakan agar status promosi yang dibagikan tetap tampil di halaman facebook sobat atau teman-teman sobat semua
  1. Gunakan Beberapa Konteks dalam membuat Posting promosi
    Seperti yang telah saya jelaskan diatas, jika ingin membuat status promosi, gunakan konten narasi yang baik yang bisa membuat pengguna facebook yang lainnya tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut

    Perhatikan 2 contoh status berikut ini:
    "Klik link dibawah ini untuk mengetahui rahasia mendapatkan uang di facebook. Rahasia ini terbatas hanya untuk 100 orang dan hanya 100ribu, beli sekarang juga !!"

    Atau

    "Sebagai seorang pembuat template Blog, saya membutuhkan waktu hampir 3 hari hanya untuk membuat sebuah template blog yang baik, responsive dan SEO friendly, dan sekarang berdasarkan pengalaman yang saya miliki saya berhasil menyusun sebuah langkah demi langkah untuk membantu para blogger cara membuat template blog secara lebih cepat hanya dalam waktu kurang dari 1 jam…"

    Dari kedua contoh diatas, manakah yang sesuai dengan aturan baru dari facebook? Tentu no 2 karena jika didalam ilmu bisnis online, cara yang nomer 2 tersebut didebut sebagai Strategi soft selling yaitu menggunakan promosi secara narasi dengan konteks yang lebih jelas
  2. Gunakan status untuk mengarahkan pengunjung ke website sobat, baru kemudian diarahkan untuk menjadi List sobat
    Sama seperti pada poin pertama, tapi pada poin kedua ini hanya untuk menangkap data pengguna untuk dijadikan list member bisnis sobat selanjutnya dengan list tersebut, sobat bisa melakukan promosi. Biasanya untuk mendapatkan list member ini menggunakan strategi bonus to member (yang ahli internet maketing pasti tahu rahasianya...)
  3. Lakukan update status yang tidak bersifat promosi sesering mungkin untuk membangun hubungan dengan teman atau fans sobat
    Saya yakin di wall-facebook sobat terdapat status dari teman yang hanya berisi status promosi saja dan hal ini tentu akan sangat mengganggu sobat. Bagaimana jika status itu milik sobat? Pasti teman sobat akan merasa terganggu dengan status promosi tersebut. Nah jika sobat benar-benar niat untuk jualan di facebook, jangan gunakan status promosi secara berlebihan. Bagikan juga status-status yang lainnya yang lebih bermanfaat bagi semuanya. Misalnya status yang berupa motivasi, inspirasi, humor, pertanyaan dan apapun yang tidak bersifat promosi

Dengan melakukan ketiga cara diatas, sobat bisa melakukan update status sampai 5-6x sehari untuk mendapatkan banyak interaksi karena mereka akan menganggap status seperti itu adalah status yang human-friendly yang sangat menarik untuk baca dan diketahui. Ingat facebook adalah ladang kustomer atau pelanggan yang melimpah jika kita benar-benar mengetahui caranya :) dan tentunya dengan adanya status tersebut, facebook tidak akan membatasi posting status promosi kita




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

TOP