Kumpulan Trick Blog TErbaru

About

New Trick hayalah blog kecil yang mencoba untuk memberikan dan menyajikan trick dan tips tentang blog
Selasa, 29 Maret 2016

Belajar Membuat Video Tutorial Blog

Belajar Membuat Video Tutorial Blog adalah sebuah keinginan saya sejak pertama kali membuat blog ini, namun keinginan tersebut baru bisa terlaksana dalam beberapa minggu terakhir ini karena sebelumnya saya mencari tutorial cara membuat video. Dalam belajar tutorial membuat video tersebut, saya selalu mengalami kesulitan karena memang tidak ada yang memandunya, hanya melalui search engine saya menemukan semuanya

Kenapa baru sekarang saya membuat video tutorial blog ini? Karena adanya kendala waktu, sebenarnya saya ingin mempelajari sejak dulu dan mengimplementasikannya atau menerapkannya kedalam artikel-artikel blog ini agar jika dengan menggunakan video tutorial akan lebih mudah dipahami dan dimengerti daripada membaca panduan yang berupa tulisan atau artikel. Namun ada alasan lain yang menunda saya dalam membuat video tutorial ini yaitu, jika dalam membuat artikel selalu disertai video tutorial maka semakin banyak waktu yang saya gunakan, padahal dalam membuat satu artikel saja dibutuhkan waktu sehari, lain waktu yang digunakan untuk mencari ide-ide dalam menciptakan artikel, apalagi jika disertai dengan video tutorial...

Belajar Membuat Video Tutorial Blog

Tak apalah, untuk kedepannya masih ada kemungkinan yang bisa saya lakukan, apakah menyertakan video tutorial atau tidak dalam artikel-artikel selanjutnya. Tentunya, juga saya khususkan untuk artikel-artikel tertentu. Tidak untuk semua artikel blog

Lalu, apa saja yang saya perlukan dan saya persiapkan dalam belajar membuat video tutorial ini?
Sesuai dengan pengalaman saya selama ini, ada beberapa hal yang saya persiapkan yaitu :
Mencari dan mempelajari artikel panduannya, baik melalui blog-blog yang ada atau melalui ebook panduannya

  • Mencari alat atau software yang digunakan untuk melakukan capture gambar yaitu sebuah software yang mampu melaukan copy paste tampilan gambar di desktop atau di blog. Dan saya menggunakan IrfanView, sangat mudah digunakan
  • Membuat gambar dengan PhotoShop CS3 yang awalnya sudah saya ketahui cara menggunakan software ini
  • Mencari alat atau software yang digunakan untuk menyimpan video. Ada beberapa software yang saya temukan dan sudah saya download yaitu CamStudi0 2.0 (versi jadul beli dari seorang Internet Marketing Indonesia), Mass Video Generator, dan Camtasia Studioa 8

Jadi itu saja yang saya perlukan dan secara keseluruhan saya mempelajarinya secara otodidak. Dan untuk mendapatkan semua software diatas, silahkan browsing di search engine ya. Meski semua software-software diatas berbayar, saya akui sudah banyak yang menyebarluaskannya secara gratis. Saya menggunakannya bukan untuk menjual ulang atau menjual produk video menggunakan software tersebut, tidak tahu ya kalau para internet marketer yang menjual video tutorial menggunakan software-software tersebut. Bagi saya, menggunakan software tersebut hanyalah sebagai media untuk belajar dan bukan untuk mencari keuntungan :)

Dan berikut hasil video tutorial blog saya yang telah dibuat, sangat sederhana sekali karena ini adalah video pertama atau video percobaan yang berhasil saya buat. Video tersebut juga sudah saya unggah ke YouTube :)



Itulah video pertama yang berhasil saya buat, semoga untuk yang pertama tidak terlalu mengecawakan khususnya dari segi tampilan dan kualitas video. Kalau isinya, saya rasa mungkin mengecewakan... Namanya juga video percobaan hehee..

Lalu apa yang didapat dari artikel ini? Ternyata jika sebuah tutorial diaplikasikan kedalam sebuah video lebih mudah dipahami dan diterapkan. Dan semoga kedepannya dalam belajar membuat video tutorial blog saya bisa membuatnya untuk kalian semua




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

TOP