Kumpulan Trick Blog TErbaru

About

New Trick hayalah blog kecil yang mencoba untuk memberikan dan menyajikan trick dan tips tentang blog
Jumat, 15 Januari 2016

Template Cloning: Copy Paste Tampilan Blog

Template Cloning: Copy Paste Tampilan Blog - Sudah punya blog? Tentu punya dong, bagaimana dengan tampilan blog sobat? Membosankan seperti tampilan blog ini? Punya niat untuk mengganti tampilan blog? Tentu punya dong.. Dan cara termudah dalam mengganti tampilan blog adalah mencari blog yang sekiranya memiliki struktur yang hampir mirip dengan blog kita dan selanjutnya membuka dan menyalin kode-kode template blog orang lain dan memasukkannya kedalam kode template blog kita.. Mudah bukan? Seperti halnya melakukan copy paste artikel blog, copy paste tampilan blog juga cenderung dilakukan akhir-akhir ini, kenapa melakukan copy paste tampilan blog? Entahlah.. Yang pasti salah satu dasar yang paling utama yang harus dimiliki oleh seorang blogger adalah SEBUAH IDE dan tentunya ide-ide yang dimiliki ini adalah sebuah ide positif karena dengan memiliki ide positif hal ini akan menuntut kita untuk lebih mencari, menemukan dan mengembangkan ide-ide yang sebelumnya hanya satu ide menjadi beberapa ide yang lebih kompleks, lebih bagus dan tentunya hasil yang didapat akan lebih unik dari pada yang lainnya. Dari sinilah sebuah orisinalitas sebuah pemikiran yang ditampilkan akan benar-benar terlihat dan memiliki karakteristik tersendiri, selain itu juga akan menunjukkan sebuah identitas dari setiap pribadi yang memberikan karakteristik yang berbeda dengan yang lainnya. Apapun itu hasilnya, ia adalah unik dan berbeda..

Template Cloning: Copy Paste Tampilan Blog

Namun dalam hakikatnya, sebuah ide yang keluar dari pola pikir positif tentu juga sejalan dengan pola pikir negatif dari setiap individu yang melakukannya. Dan pola pikir positif tentu akan selalu berdampingan dengan pola pikir negatif, dari sinilah yang tidak kita inginkan yaitu munculnya pola pikir negatif dari sebuah ide yang seharusnya tidak terjadi sehingga dalam melakukan segala sesuatu yang muncul hanyalah suka-suka saya dan terserah saya apa yang saya lakukan, toh ini milik saya, blog ini milik saya, saya online atas materi yang saya miliki, saya bebas berbuat apapun terhadap blog saya, termasuk kontent dan tampilan blog saya

Seperti blog ini, bukannya mau sombong, mulai dari isi artikel blog, gambar blog, dan tampilan blog, saya menjamin 100% adalah asli tulisan saya, gambar artikel blog saya buat sendiri, tampilan blog saya edit sendiri dan sudah jauh dari aslinya. tampilan blog ini sebenarnya sama persis dengan blognya +Blog Mas Sugeng  dan saya rombak total sehingga menjadi tidak karuan seperti sekarang ini
Dan jika ada yang mengaku ada tulisan di blog ini hasil 100% copy paste dari blognya ataupun blog orang lain, silahkan hubungi saya disini atau meninggalkan komentar di artikel manapun di blog ini :)

Okey, kembali pada template cloning: copy paste tampilan blog..
Memang tidak ada yang salah jika kita memiliki tampilan blog yang sama dengan blog yang lainnya karena semua tahu bahwa blog tersebut berasal dari template blog yang sama yang dibuat oleh orang yang sama.

Misal:
Blog A menggunakan template hasil buatan +Kang Ismet
Blog B juga menggunakan template hasil buatan Kang Ismet
Sehingga secara otomatis tampilan blog A dan blog B nyaris sama, mulai dari warna, bentuk body, header, sidebar, komentar, dan footer nyaris sama dan yang membedakan diantara kedua blog tersebut hanyalah isi blog atau artikel blog

Dan untuk contoh diatas, saya rasa masih wajar dan bukan termasuk dalam kategori copy paste tampilan blog karena tampilan blog mereka berasal dari satu sumber template

Lalu seperti apa tampilan blog yang melakukan copy paste? Yang dimaksud dengan copy paste tampilan blog disini adalah meniru atau menyamakan seluruh atau sebagian dari tampilan blog yang semula berbeda dengan tampilan blog yang lain yang tidak di publish secara umum yang hanya digunakan secara personal oleh pemilik blog tersebut atau sebuah tampilan blog yang merupakan hasil kreatifitas sendiri yang belum dimiliki oleh blog orang lain

Misal:
Blog A menggunakan template hasil buatan Kang Ismet
Karena merasa tampilan blognya biasa saja dan terlalu sederhana, dan melihat tampilan blog orang lain lebih bagus, katakanlah dia melihat blognya Kang Ismet. Dan terbesit di benaknya, "hmm,, gimana kalo tampilan blog saya, saya samakan dengan tampilan blognya kang Ismet saja ya? Kayaknya akan lebih bagus dech.."
Dan dari sinilah pola pikir negatif itu akan memunculkan ide-ide negatif dan tanpa pikir panjang, jadilah tampilan blognya sama dengan tampilan blog orang lain. Apakah perbuatan tersebut termasuk kreatifitas? Silahkan direnungkan :)

Tapi saya ingin tampilan blog saya terlihat bagus, menarik dan tidak membosankan karena dengan begitu teman-teman blogger yang berkunjung ke blog saya akan terasa lebih betah.. Sama, saya juga memiliki pemikiran seperti itu, dengan memiliki tampilan blog yang elegant dan nyaman di lihat maka pengunjung blog juga akan betah berlama-lama didalam blog kita
Namun tidak dengan menyamakan tampilan blog kita dengan blog orang lain, apalagi tampilan blog orang tersebut adalah seorang yang telah memiliki reputasi sangat baik di dunia blogging. Jika kita menyamakan tampilan blog kita dengan tampilan blog orang tersebut padahal tampilan blog tersebut tidak di publish secara umum alias hanya digunakan secara pribadi untuk blognya saja, maka bukan lagi sebuah kenyamanan yang akan didapatkan oleh pengunjung blog kita tapi sebuah pertanyaan "Loh, kok tampilan blognya mirip banget dengan tampilan blognya dia, wah pasti ahli meniru" Dan pengunjung blog tersebut akan membuat pertanyaan lanjutan, biasanya melalui komentar "minta template blog ini dong.." Dan jika template tersebut dibagikan secara cuma-cuma, jelas ini akan merugikan pemilik asli tampilan blog tersebut dan dari sinilah muncul istilah TEMPLATE CLONING!

Bagaimana dengan template premium? Template premium adalah template umum yang sama dengan template gratis tapi sifatnya berbayar dan memiliki keunggulan tertentu dari segi penggunaanya. Namun akhir-akhir ini sudah banyak yang mengadopsi template premium menjadi template gratis dan kalaupun tidak gratis, template tersebut sudah menjadi template cloning. Silahkan baca artikel perbedaan anatar template gratis, premium, personal, dan cloning untuk mengetahui perbedaannya

Jadi dalam dunia blogger, apapun bisa dilakukan selama ia masih terhubung dengan internet. Jangankan artikel blog di copy paste, tampilan blog juga di copy paste atau istilah kerennya menjadi template cloning.

Artikel ini tidak bermaksud untuk menggurui atau sebagai nasihat tapi lebih untuk sebagai pembelajaran dalam dunia blogging dan tidak bermaksud untuk menyindir siapapun, jika tidak ada yang berkenan dengan artikel ini mohon maaf sebelumnya dan semoga dengan adanya artikel Template Cloning: Copy Paste Tampilan Blog ini bisa menjadikan kita semua sebagai seorang blogger yang benar-benar menghargai karya orang lain




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

TOP